Judul Buku : Jangan Jadi Muslimah Nyebelin

Penulis : Asma Nadia

Penerbit : Lingkar Pena (Publishing House)

Tahun Terbit : 2006 (cetakan keempat)

Tebal Buku : viii + 212 halaman

Harga Buku : –

Buku karangan Asma Nadia berjudul “Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!” ini dapat dikatakan sebagai “Salon Kepribadian” bagi para muslimah, karena buku ini berisi tips-tips dan trik untuk para muslimah agar tidak menjadi muslimah yang nyebelin dalam kehidupan mereka. Banyak muslimah yang berjilbab lebar, ya…bisa dibilang jilbaber-lah, yang banyak mendapat cap negatif dari lingkungannya hanya karena tidak mengetahui kaidah-kaidah dalam bergaul dengan orang lain. Buku ini membedah semua permasalahan-permasalahan muslimah yang sering menjangkiti kehidupan mereka, ya… yang bisa membuat cap-cap itu tadi, semua itu terangkum dalam 4 hal yang khusus dikelompokkan oleh Asma Nadia plus dibubuhi dengan surat-surat mengenai pandangan orang luar terhadap muslimah dari teman-teman mailist-nya yang terangkum dalam sesi “Curhatku”.

4 aspek ini:

1. Yang Remeh Yang Mengganggu

Di bagian ini bisa ditemukan permasalah-permasalah muslimah dalam hal kebersihan diri. BB alias bau badan, bau mulut, dsb.

2. Gak Enak di Mata? Duh Jangan deh!

Bab ini membahas tentang penampilan muslimah, dari atas sampai bawah dikupas habis di buku ini.

3. Muslimah Nyelekit

Bab ini membahas tentang semua tingkah laku muslimah terhadap muslimah lain ataupun ke lawan jenis yang membuat sakit hati lawan bicara yang diajak bicara.

4. Your Attitude, Gals!

Bagian ini hampir sama dengan bab muslimah nyelekit, hanya saja bersifat lebih personal ke diri muslimah itu sendir, misal, sub bab Muslimah Tukang Dandan.

Secara keseluruhan, buku ini memiliki banyak kelebihan. Gaya bahasanya anak dan renyah untuk semua usia dan mudah dimengerti oleh semua orang, sehingga tips dan trik yang ada di buku ini dapat dengan mudah diserap dan diaplikasikan oleh seorang muslimah yang membaca buku ini. Sedangkan, untuk kelemahannya sulit untuk ditemukan, hanya penulisan kata yang salah dan itu merupakan al yang sangat lumrah dijumpai. Dapat disimpulkan, buku ini sangat bagus untuk dibaca terutama para muslimah yang tidak ingin salah menempatkan diri ketika bergaul dengan orang lain.

– Nur Lailis Sa’adah-